BAB II
MANAJEMEN DAN ORGANISASI
1.      PENGERTIAN MANAJEMEN DAN MANAJER
Defenisi menurut Profesor Oei Liang Lee adalah sebagai berikut :
      Menejemen adalah ilmu dan seni yang merancanakan , mengorganisasikan , mengarahkan , atau mengkoordinasikan serta mengawasi tenaga manusia dengan bantuan alat-alat untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan .
       Seorang Manajer yang tidak kalah pentingnya adalah cara manajem mengimplementasikan suatu keputusan perusahaan di dalam kegiataan perusahaan (Deresion Role).
2.      FUNGSI MANAJEMEN
          Perincian dari kegiatan yang dilakukan oleh seorang manajer dalam mengelola perusahaan . secara garis besar fungsi manajemen dibagi menjadi 5 bagian yaitu :
a.       Planning (perencanan) : suatu fungsi dasar dari fungsi alternatif melalui suatu proses yang rasional untuk mengambil keputusan terhadap objective perusahaan, policy, program  maupun produser untuk memperbaikinya .
 Mengapa perencanaan di perlukan ?
     Perencanaan dibuat biasanya menjadi penentu arah dalam pencapaian tujuan yang telah ditetapkan , dapat melakukan penghematan , pengeluaran , bisa untuk melakukan kontrol terhadap penyimpangan dalam perusahaan sehingga lebih bisa terarah dan hemat .
b.      Organizing (Pengorganisasian) : Kegiatan dalam menentukan macam kegiatan berserta jumlah kegiataan yang dibutuhkan untuk mencapai tujuan perusahaan maupun pengelompokan kegiatan-kegiatan berserta orangnya yang sesuai dengan kegiatannya disertai adanya perdelegasian wewenang .
       Ada empat bagian penting dalam perorganisasian , yaitu :
   - Staffing
   - Delegation of Authority
   - Departementasi
   -Personalia

c.       Directing
    Kegiatan yang khususnya ditunjukkan untuk mengatasi dan mengarahkan bawahan sehingga pemimpin secara manusiawi bisa mengikat bawahan untuk bekerja sama secara sukarela untuk mencapai tujuan organisasi.
 
      Ada beberapa cara seorang pemimpin mengarahkan arahannya :
a. Pengarahan di lakukan dengan memberikan informasi yang diperlukan terutama yang berhubungan dengan masalah yang dihadapi karyawan .
b. Pengarahan dengan memberikan perintah yang harus dilakukan oleh bawahan dapat secara tertulis atau lisan .

Ada dua hal yang bisa menujang bawahan dapat bekerja lebih giat dan efektif:
1. Komunikasi
2. Motivasi

d.      Koordinasi
Fungsi yang harus dilakukan seorang manajer agar tedapat suatu komunikasi /penyesuaian dari berbagai kepentingan dan perbedaan kegiatan sebagai bisa tercapai tujuan organisasinya.
e.       Controlling
Dilakukan untuk melakukan perbaikan-perbaikan jika terjadi penyimpangan-penyimpangan pelaksanaan perencanaan yang telah ditetapkan.

Fungsi pengawasan mempunyai tiga kegiatan yang harus dilakukan :
1.      Menetapkan standart yang dipakai
2.      Membandingkan pelaksanaan dengan standart
3.      Melakukan koreksi

3         ORGANISASI DAN PRILAKU KEORGANISASIAN
3  1  Pengertian organisasi
        Menurut Boone dan Katz Organisasi sbb :
Organisasi adalah suatu proses tersusun yang orang-orangnya brinteraksi untuk mencapai tujuan.
Dapat didefinisikan bahwa organisasi mempunyai tiga elemen pokok :
1.      Interaksi manusia
2.      Kegiatan yang mengarah pada tujuan
3.      Struktur organisasi itu sendiri


3.1.1        Pola Organisasi
Pola organisasi dibagi dua :
-          Organisasi formal
-          Organisasi informal

3.1.2        Struktur orgnisasi

Struktur organisasi yang dibentuk akan selalu berdasarkan pada 3 komponen organisasi :
1.      Interaksi kemanusiaan
2.      Kegiatan yang terarah
3.      Struktur

3.1.3        Bentuk Organisasi
Dapat dibagi menjadi enam golongan :
1.      Organisasi Lini
2.      Organisasi Fungsional
3.      Organisasi Lini dan Staff
4.      Organisasi Fungsional dan lini
5.      Organisasi matrik
6.      Organisasi komite



3.2        prilaku keorganisasian
Prilaku  keorganisasian menyangkut bagaimana seseorang membentuk kelompok kerja ,motivasi, yang mendorong karyawan bekerja lebih giat, sifat kepemimpinan yang terjadi,dsb.

a.       Kerja kelompok
Dimana sebagai anggota kelompok yang dibentuk antara sesame karyawan akan memberikan dukungan dan koordinasi dalam bekerja sama.

b.      Motivasi
Menurut Abraham Maslow ,motivasi menekan 2 ide :
1.Orang mempunyai banyak kebutuhan,tetapi hanya kebutuhan yang belum terpenuhi saja yang dapat mempengaruhi prilaku manusia.
2.Kebutuhan manusia dikelompokan dalam suatu hirarki  kepenntingan .

 

0 komentar:

Posting Komentar